Pengalaman Ikut UTBK 2019

05.18
pengalaman utbk
utbk


Halo semuanya, para pejuang PTN, bagi kamu yang sedang melihat halaman ini, artinya kamu akan atau sedang persiapan untuk UTBK kan? gimana? sudah siap UTBK? pasti belom. Kalo kamu udah siap mah, ngapain ngeliat artikel ini... wkwkwk

Nah, kebetulan aku tahun 2019 lalu adalah pejuang PTN dan ikutan UTBK buat daftar SBMPTN. Kenapa aku ikutan SBMPTN, ya karena saya tidak lolos SNMPTN T_T. Nah, sekarang aku mau coba sharing-sharing dikit lah tentang UTBK, gimana persiapannya, apa yang harus lu persiapin, dan sebagainya.

Apa itu UTBK

Nah, pertama-tama, lu harus tahu dulu, sebenarnya apa sih itu UTBK?
UTBK itu singkatan dari Ujian Tertulisan Berbasis Komputer. UTBK ini adalah salah satu tahapan untuk mengikuti seleksi di perguruan tinggi negeri. Biasanya nilai UTBK ini tidak hanya dipakai untuk ikut seleksi SBMPTN saja, tapi juga bisa untuk ujian mandiri. Karena ada banyak juga perguruan tinggi yang membuka jalur mandiri dari nilai UTBK.

UTBK ini ada dua sub tes. Yaitu TPS dan TPA. Masing-masing subtes ini terbagi menjadi empat materi tes. Jadi total ada delapan materi tes yang harus kamu kerjakan. Untuk jelasnya tentang UTBK, kalian silakan lihat situs utbk https://ltmpt.ac.id/

Jadi pas lu mau daftar ke PTN, lu harus punya nilai UTBK dulu. Pas lu udah punya nilai UTBK, baru deh lu bisa daftar SBMPTN. Gw suka sih sama sistem UTBK ini. Karena lu udah tau nilai lu sebelum daftar ke PTN nya. Jadi bisa sadar diri juga. Dan aku menerapkan itu, akhirnya Alhamdulillah aku lolos SBMPTN 2019.

Gimana Persiapan UTBK?

Dulu sih, aku persiapan UTBK hanya satu bulan. Maklum, saat itu aku merasa bakal lolos SNMPTN, tapi nyatanya tidak lolos *hiks. Soal-soal utbk ini adalah soal-soal HOTS, yang artinya kalian harus berpikir dengan keras untuk menjawab soal-soal tersebut. ciri-ciri soal HOTS ini adalah kalian tidak bisa sekali jalan mengerjakannya. Biasanya dua kali atau tiga kali tahapan pengerjaan.

Untuk persiapan utbk ini, aku tidak bisa belajar sendiri. Apalagi pada tahunku, adalah tahun pertama diberlakukaannya utbk. Setelah pengumuman SNMPTN, dan aku dinyatakan tidak lolos, aku langsung daftar bimbingan belajar untuk persiapan utbk. Bukannya tidak mungkin jika belajar buat utbk mandiri tanpa ikut bimbil. Tapi yang harus kalian perhatikan jika kalian belajar mandiri adalah kalian berada di peringkat berapa. Karena nanti saat kalian daftar SBMPTN, pertarungan nya adalah tinggi-tinggi an nilai utbk. Nah, makanya saat itu aku daftar bimbil agar aku tahu aku berada di peringkat berapa jika aku ambil jurusan tersebut. Kalau kalian juga ingin ikut bimbel, aku saranin ambil lembaga bimbel yang lembaganya besar. Artinya punya banyak siswa dari seluruh Indonesia. Itu akan sangat menguntungkan kita, karena perangkingannya dilakukan secara nasional dari seluruh cabang. Kan mantep tuh...

Pas kalian kerjain soal utbk nya, utamakan dengan sangat kerjain soal yang menurut kalian mudah. Habisnya waktunya terbatas sih. Jadi pas kalian ngeliat soalnya, kalau kalian merasa bakal lama nih ngerjainnya, sebaiknya langsung di skip dan lanjut ke soal berikutnya. Nah, pas semua soal yang kalian yakin bisa udah kejawab, langsung kerjain soal yang sulit menurut kalian. Usahakan semua soal terisi. Karena kalaupun jawaban kalian salah, poin kalian tidak akan berkurang, karena tidak ada pengurangan poin.

Setelah kalian mengikuti serangkaian ujian utbk, selanjutnya kalian akan diberikan nilai/sertifikat utbk. Nah, di sertifikat ini tercantum nilai-nilai per materi ujian. Kalian bisa melihat dan menilai sendiri, apakah nilai segitu bisa bersaing ataukah tidak. Tapi satu hal yang harus kalian tahu, jangan perlihatkan nilai utbk kalian ke siapapun, baik itu lembaga bimbil ataupun lembaga lainnya. Kecuali yang sudah terpercaya. Sertifikat itu adalah rahasiamu. Jaga baik-baik.

Mungkin segitu dulu dari aku, kalau ada yang mau komen atau ditanyakan bisa langsung komen dibawah ya :) jangan lupa semangat !!

Tidak ada komentar:

terimakasih sudah membaca, silakan berikan tanggapanmu disini.

Diberdayakan oleh Blogger.